Selasa, 31 Maret 2015

tugas rusli wikia

TRADISI GAWAI
Gawai merupakan salah satu tradisi budaya dayak dari zaman dahulu yang sering dilakukan  setahun sekali, setiap tahun masing-masing warga dayak mengadakan gawai. Gawai biasanya dilakukan pada bulan mey-juli , gawai ada dua((2) macam yaitu gawai pernikahan dan gawai hasil panen tapi kedua-duanya sama mengadakan pesta besar.

1.       GAWAI PENIKAHAN
Gawai pernikahan merupakan dimana kelurga dari suami/semua orang kampung akan pergi ke kampung istri untuk meminang atau melamar dan membawa istrinya pulang ke kampung dengan sah.

2.       GAWAI HASIL PANEN
Gawai hasil panen merupakan gawai yang dilakukan  sehabis panen padi karena sebagai ucapan syukur kepada petara (Tuhan). Diacara ini masyarakat dayak  akan menunjukan tradisi, budaya, dan adat istiadatnya masing-masing, seperti : pencak silat, minum tuak, main sumpit dan masih banyak lainnya.

                Dalam masyarakat dayak gawai merupakan tradisi yang sangat diminati oleh semuanya. Jadi, marilah kita sebagai masyarakat dayak saling menjaga budaya dan adat istiadat kita masing-masing, jagan karna perkembangan zaman kita melupakannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar